FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REMAJA MENGKONSUMSI MINUMAN KERAS DI DESA KEPOH, WONOKERSO, KEDAWUNG, SRAGEN

- Suyadi, Warti Ningsih

Sari


Latar belakang: Salah satu kenakalan remaja adalah minuman keras (miras). Miras adalah minuman yang mengandung alkohol dan dapat menimbulkan ketagihan, berbahaya bagi pemakainya karena dapat mempengaruhi pikiran, suasana hati dan perilaku serta menyebabkan kerusakan fungsi-fungsi organ tubuh. Menurut WHO tahun 2006, penyalahgunaan alkohol di Indonesia sebagai berikut: SLTP dan SLTA menempati urutan pertama dengan 73.253 kasus, SD dengan 8.449 kasus dan perguruan tinggi dengan 3.987 kasus. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi remaja untuk mengkonsumsi minuman keras dengan menggunakan desain cross sectional. populasi dalam penelitian ini remaja yang mengkonsumsi minuman keras di Desa Kepoh, Wonokerso, Kedawung, Sragen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 25 remaja dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Hasil Penelitian: Jumlah responden yang berusia 12 tahun-15 tahun tidak ada, responden yang berusia <15 tahun – 17 tahun ada 4 responden (16 %), responden yang berusia <17 tahun sampai dengan 21 tahun ada 21 responden (84%). Terdapat 5 responden yang dipengaruhi oleh faktor kepribadian dalam mengkonsumsi miras, terdapat 20 responden (80%) tidak berpengaruh terhadap perilaku dalam mengkonsumsi miras. sedangkan kategori cukup berpengaruh faktor kepribadian dalam perilaku mengkonsumsi miras tidak ada. Terdapat 19 responden yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan dalam mengkonsumsi miras, terdapat 4 responden (16%) cukup berpengaruh terhadap perilaku dalam mengkonsumsi miras, sedangkan kategori tidak berpengaruh terhadap faktor kepribadian dalam perilaku mengkonsumsi miras ada 2 responden (8%). 25 responden (100%) dipengaruhi oleh faktor keluarga dalam berperilaku mengkonsumsi miras. sedangkan kategori cukup berpengaruh dan tidak berpengaruh tidak ada. Simpulan: Faktor yang berpengaruh terhadap remaja dalam mengkonsumsi minuman keras adalah faktor lingkungan dan keluarga.

Kata kunci: Remaja, minuman keras


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsini. (2000) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Atkinson. (2001) Riset Keperawatan dan Tehnik Penulisan Ilmiah. Salemba Medika. Surabaya.

Badudu. (2003) Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Chaplin. (2001) Kamus Lengkap Psikologi. Raja Grafindo. Jakarta.

Djajoesman, Noegroho. (2004) Mari Bersatu Membrantas Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Edisi 3, Kepolisian Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Hartanti. (2002) Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecemasan Menghadapi Masa depan dengan Penyesuaian. Erlangga. Jakarta.

Hurlock. (2006) Psikologi Anak Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Jung (2006). Pengertian Kebutuhan Berafiliasi. Gunadarma. www.wartawarga.gunadarma.ac.id di akses tanggal 19 Juni 2012

Irwanto. (2003) Psikologi Umum. Prenhallindo. Jakarta.

Martono. (2006) Pengaruh Minuman Keras. Kanisius. Jakarta.

Monks. (2002) Psikologi Perkembangan. Gajahmada University Press. Jogjakarta.

Nursalam. (2001) Pendekatan Praktis Metodelogi Riset Keperawatan. CV Infomedika. Jakarta.

Purwo, Darminto. (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Direktur Jendral Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Puspitawati. (2004) Jenis-jenis Minuman Keras. Prenhallindo. Jakarta.

Sarwono. (2005) Faktor-faktor Penyebab Tindakan Kenakalan Remaja di desa Karangsari Kecamatan Krang Moncol Kabupaten Purbalingga, Skripsi. Faultas Ilmu Sosial Universitas Negri Semarang. Semarang.

Sasangka, Hari. (2003) Narkotika dan Psikotropika dalam Hukum Pidana. Mandarmaju. Bandung.

Subadi Djipto. (2012). Bukan bangsa pemabuk. www.suaramerdeka. com diakses tanggal 22 Desember 2012

Wresniwiro. (2006) Mitos dan Fakta Tentang Minuman Keras. Kanisius. Jakarta.

Tamwifi, Irfan (2012). Keluarga pendidkan karakter pertama. www. Kampus pendidikan.com diakses tanggal 19 Juni 2012.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.