HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS 5 & 6 SDN 1 PELEMGADUNG, KARANGMALANG

Warti Ningsih, Muhammad Sowwam, Dian Retno Pratiwi

Sari


Abstrak

Latar Belakang: Gadget merupakan telepon pintar yang memiliki kemampuan hampir sama dengan komputer serta dilengkapi dengan sistem operasi yang canggih. Gadget memungkinkan agar individu tetap terhubung dengan orang lain melalui fasilitas telepon maupun data internet secara bersamaan. Tujuan penelitian: Untuk menganalisis hubungan penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa kelas 5 & 6 SDN 1 Pelemgadung, Karangmalang. Metode Penelitian: Jenis dalam penelitian ini berbentuk korelasi dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 & 6 SDN 1 Pelemgadung, Karangmalang sebanyak 42 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Uji analisis data menggunakan analisis chi-square. Hasil Penelitian: Dapat diketahui bahwa penggunaan gadget sebagian besar responden termasuk dalam kategori sedang 35 responden (83,3%), dan dapat diketahui bahwa interaksi sosial, sebagian besar responden termasuk kategori adaptif sebanyak 32 responden (76.2%). Nilai Asymptotic Significance 0,517 > 0,05 menyatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan interaksi social pada siswa kelas 5 dan 6 di SDN 1 Pelemgadung, Karangmalang.  Kesimpulan: Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gadget tidak mempengaruhi responden untuk berinteraksi, walaupun menggunakan gadget tetapi interaksinya masik baik.

Kata Kunci: Gadget, Interaksi Sosial, Siswa Sekolah Dasar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Harfiyanto, D. (2015). Pola interaksi sosial siswa penggunaan gadget di SMA 1Semarang. Journal of education social studies, 4(1), hlm. 1-5 diakses dari :http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/685

Lioni, T. (2014). Pengaruh penggunaan gadget pada peserta didik terhadapinteraksi. Jurnal kultrul demokrasi, 2(2), hlm 1-12 diakses dari :http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/4220/2612

Novitasari, W. & Khotimah, N. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Penelitian. Surabaya: Jurnal PAUD Teratai.

Nurrachmawati. (2014). Pengaruh sistem operasi mobile android pada anak usia dini. Jurnal pengaruh system operasi mobile android pada anak usia dini. Makasar: FT Universitas Hasanuddin.

Setiadi. (2007). Desain penelitian. Journal. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sisrazeni. (2017). Hubungan penggunaan media sosial dengan interaksi sosial. Journal. Batusangkar: Mahasiswa jurusan bimbingan konseling tahun 2016/2017 IAIN Batusangkar.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Virgia & Choirul.(2014). Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan yang Tinggal Bersama Keluarga. Journal Fakultas Psikologi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlanhttp://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3032

Warsiyah, Y. (2015). Pentingnya “pendamping dialogis” orang tua dalam penggunaan gadget pada anak usia dini. Prosiding seminar nasional pendidikan, 1(1), hlm 130-138 diakses dari: http://journal.umpo.ac.id/index.php/PIP/article/view/154/139.

Widiawati & Sugiman.(2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Journal Kewarganegaraan.Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta[Online] Diakses dari laman https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1430.

Yusmi. (2015) Anak-anak yang

sering menggunakan gadget. Journal of Educational Review and Research

Vol. 1 No. 2, December 2018: 86 – 91.

Zeni R. P. ( 2016) Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 7-

Tahun di SD Negeri Soka 34 Bandung. Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.http://repository.upi.edu/24694/4/TA_JKR_1302179_Chapter1.pdf


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.