Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Keperawatan CARE Terbit pertama kali pada 2011.  Jurnal ini ditujukan sebagai media publikasi ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan analisis-kritis mengenai isu Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat. Terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu Februari dan Agustus.
Jurnal Keperawatan CARE menyediakan artikel-artikel ilmiah yang dapat diunduh secara gratis dan dipergunakan sebagai bahan referensi untuk mengembangkan pengetahuan serta untuk pengabdian kepada masyarakat.

Jurnal Keperawatan CARE menerima artikel ilmiah yang tidak pernah dipublikasikan secara online atau versi cetak sebelumnya dengan area penelitian pada:

  1. Keperawatan Medical Bedah
  2. Keperawatan Maternitas
  3. Keperawatan Anak
  4. Keperawatan Jiwa
  5. Keperawatan Keluarga
  6. Keperawatan Gerontik
  7. Keperawatan Gawat Darurat
  8. Manajemen Keperawatan 
  9. Keperawatan Komunitas
  10. Manajemen Patient Safety 

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Jurnal Keperawatan CARE yaitu Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat yang berbasis Online ini diterbitkan oleh Akademi Keperawatan YAPPI Sragen melalui Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM).

Artikel yang hendak dipublikasikan dalam Jurnal Keperawatan CARE dimasukkan melalui proses elektronik (OJS), sehingga setiap penulis wajib mendaftarkan diri dan memasukan naskahnya melalui OJS. (Daftar).

Setiap naskah yang masuk akan dilakukan peer review (Single blind review) oleh 2 (dua) reviewer. Peer review dilakukan secara online oleh reviewer dan hasilnya akan disampaikan kepada penulis melalui email.

Hasil review dapat berupa penerimaan, revisi, dan penolakan naskah. Maksimum waktu review adalah 1 (satu) bulan setelah penerimaan naskah.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Keperawatan CARE terbit pada Februari dan Agustus setiap tahunnya. Dan Naskah dikirim kapan pun melalui online (Daftar). Pengiriman naskah November s.d Januari akan diproses untuk penerbitan Februari dan Pengiriman naskah Mei s.d Juli akan diproses untuk penerbitan Agustus setiap bulannya.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar dengan terlebih dahulu daftar pada situs Jurnal Keperawatan CARE (Pengguna harus didaftarkan dan login untuk melihat situs jurnal mimbar).